Spesifikasi Dan Harga Motor Harley Davidson Street 500 Dan 750

Bila kita membahasa motor gede yang ekonomis, Harley Davidson Street mungkin menjadi salah satu motor yang terbersit langsung dibenak kita. Motor seri Harley yang diperkenalkan pada tahun 2013 untuk launching di tahun selanjutnya ini memang cukup menarik banyak perhatian pecinta Harley diseluruh dunia. Seperti yang kita ketahui bahwa seluruh motor Harley memiliki bobot yang luar biasa. Bahkan ada yang mencapai 400 kg bobotnya. Namun untuk seri Street ini, ada pengecualian pada bobotnya yang ternyata dibuat lebih ringan dari versi Harley lainnya.

Kemudian, Harley Davidson Street ini memiliki dua seri utama yaitu seri 500 dan 750. Untuk spesifikasi keduanya akan dijelaskan dibawah nanti. Kedua seri ini cukup populer dan menghasilkan penjualan yang cukup tinggi diseluruh dunia. Proses produksi motor Harley seri Street ini dilakukan di India. Maka banyak orang yang mengira bahwa seri Street itu motor gede buatan India. Padahal, ia tetap di produksi Harley USA namun proses produksinya dilakukan di Harley Davidson India.

Lalu mengapa Harley Davidson Street ini di produksi di India? Jawabannya tentu saja tidak akan jauh-jauh dari masalah biaya produksi. Kabarnya, proses perakitan seri Street di India memang bertujuan untuk menekan biaya produksi. Sehingga harga jual Harley seri ini bisa menjangkau kalangan apapun. Namun tentu saja hal ini tidak mengurangi kualitas sebuah motor keluaran Harley. Meskipun dirakit di India, segala sesuatunya tetap dalam pengawasan Harley Davidson USA.

Spesifikasi Dan Harga Motor Harley Davidson Street 500 Dan 750

Spesifikasi Dan Harga Motor Harley Davidson Street 500 Dan 750  

Untuk bisa mengetahui lebih jauh mengenai seri Street ini, berikut adalah spesifikasi Harley Street seri 500 dan 750.
  • Mesin
Untuk Harley Davidson Street, mesin yang digunakan sudah menggunakan versi terbaru yakni Revolution X engine. Baik versi 500 ataupun 750 keduanya memakai mesin tersebut. Namun tentu saja keduanya memiliki kapasitas yang berbeda. Jika Street 500 menggunakan Revolution X engine berkapasitas 494 cc, Street 750 memiliki kapasitas mesin sebesar 749 cc. Kedua seri ini memiliki kapasitas yang lebih kecil dibanding seri lainnya yang rata-rata berkapasitas 1000 cc keatas.

Meskipun memiliki kubikasi yang terbilang lebih rendah, tipe mesin tetap mengusung konsep V-Twin engine yang sudah menjadi khas dari motor-motor keluaran Harley namun dengan versi terbaru bernama Revolution X engine. Mesin Street 500 dan 750 memiliki transmisi manual 6-speed dan dilengkapi dengan teknologi liquid-cooled. Mesin V-Twin ini memiliki poros sebesar 60 derajat dengan disertai 4 valve per Head.
  • Konsep
Konsep dari Harley Davidson Street ini mengusung gaya urban namun tetap menghadirkan konsep klasik seperti biasanya. Harley memang dikenal dengan desainnya yang apik. Meskipun terkesan vintage, namun motor-motor Harley dan kesan klasik seperti sudah menjadi satu kesatuan yang utuh. Sehingga memang itulah yang menjadi ciri khasnya. Walaupun begitu, Harley juga membuat versi motor lainnya yang bergaya lebih futuristik. Namun malah jadi kurang terlihat kekhasan Harley yang biasanya.

Jika dilihat secara kasat mata, Harley Davidson Street 500 dan 750 memiliki body yang cukup ramping. Bahkan lebih ramping dari seri Sportster. Namun, kesan ceper tetap terlihat dengan pendeknya jarak antara tanah dengan jok yakni sekitar 26.3 inchi saja. Ada sedikit perubahan dibagian suspensi yang digabungkan dengan stang yang lebih lebar. Kabarnya, hal ini memang sengaja dilakukan untuk mengakomodasi dan mempermudah para bikers pemula yang baru mempelajari Harley.

Dari segi bobot, Street 500 dan 750 memiliki bobot yang lebih ringan yakni 480 LBS saja. Jika dibandingkan dengan Sportster maka ia 45 kg lebih ringan. Lumayan bisa mengurangi beban yang harus ditanggung oleh para biker moge pemula yang belum begitu terbiasa dengan berat moge yang memang bisa mencapai ratusan kilo. Wheelbase yang dipakai pun memiliki ukuran 59.5 inchi. Dengan konsep simpel dan garang, Street 500 dan 750 tetap bisa membuat mata siapapun meliriknya. 

Spesifikasi Dan Harga Motor Harley Davidson Street 500 Dan 750

Harga Harley Davidson Street 500 dan 750

Untuk harganya sendiri, sudah pasti seri Stree ini dibanderol dengan harga yang lebih murah dibanding seri lainnya karena memang itulah tujuan ia diproduksi di India. Demi menekan biaya produksi, India dipilih sebagai negara yang akan membantu merakit Harley Street. Dengan begitu, harga jual bisa lebih rendah. Ini dia daftar harga Harley Street:
  • Street 500 dibanderol dengan harga 6.700 USD atau jika dirupiahkan berarti sekitar 77 jutaan.
  • Street 750 dibanderol dengan harga 7.500 USD atau sekitar 86 jutaan rupiah.
Namun, kabarnya hanya seri 500 saja yang akan masuk ke Indonesia. Hal itu terjadi karena masalah harga. Ya, harga Harley yang murah seperti yang telah disebutkan diatas merupakan harga yang ada di India. Tentu harganya akan berbeda jika sudah masuk ke penjualan masing-masing negara. Di Indonesia sendiri kendaraan yang masuk pasti akan dikenai pajak. Sehingga harga akan meningkat dan tidak akan sama seperti harga jual asli dikarenakan berbagai penambahan biaya.

Untuk seri Harley Davidson Street 500 saja jika masuk ke Indonesia harganya bisa menjadi 200 jutaan. Namun harga ini masih terbilang murah untuk motor keluaran Harley yang biasanya berkisar 300 juta keatas. Harga 200 juta untuk motor sekelas Harley pastinya banyak diincar pecinta motor gede khususnya anak muda yang dompetnya tidak setebal para eksekutif senior. Jadi Street 500 masih terbilang terjangkau.

Sedangkan untuk Harley Davidson Street 750 jika masuk ke Indonesia harganya tidak akan jauh berbeda dengan seri Sportster yakni sekitar 430 jutaan. Maka, akan percuma rasanya jika Street 750 masuk ke Indonesia karena harganya tidak seramah dengan banderolan di India yang hanya sekitar 86 jutaan saja. Masyarakat pasti akan lebih memilih Sportster daripada Street 750 kalaupun ia masuk ke Indonesia.

Lalu mengapa Street 750 bisa begitu mahalnya? Hal itu karena ia akan dikenai biaya PPnBm. Di Indonesia PPnBm itu sebesar 125%. Belum lagi ditambah biaya lainnya. Maka harganya akan terasa terlalu tinggi untuk motor sekelas 750 cc meskipun ia merupakan produksi Harley. Untuk motor 500 cc kebawah tidak dikenai biaya PPnBm sehingga harga Street 500 masih ramah dikantong.
Sehingga untuk rekomendasi, memang Street 500 bisa dijadikan pilihan jika dibanding Street 750. Selain dilihat dari segi harga, dari segi kubikasi pun rasanya cukup tanggung jika berkapasitas 750 cc. Jika ingin yang bertenaga ekstra lebih baik pilih yang kubikasinya diatas 1000cc saja. Street 500 dirasa cocok bagi yang ingin mulai membiasakan diri dengan motor gede keluaran Harley. Bobot Harley Davidson Street 500 lebih ringan dan desainnya pun lebih ramping. Sehingga sangat sesuai untuk para bikers muda pecinta motor gede. Semoga sedikit info dari motorkuguduwekmu.blogspot.com ini dapat membantu bagi kamu yang pasti membutuhkannya.

Subscribe to receive free email updates: